Sumber Hukum Perikatan

Belajarhukum.com - Sumber Hukum Perikatan. Sumber Hukum Perikatan ada 2 (dua) yaitu:

1.       Perjanjian (Lihat, Pasal 1313 KUH Perdata);
Perjanjian Menurut Pasal 1313 KUH Perdata adalah: suatu perbuatan dengana mana satu orang atau lebih mengikatkan dirinya terhadap satu orang lain atau lebih. Atinya perjanjian tersebut tidak lengkap karena hanya mengenai perjanjian sepihak saja dan terlalu luas sehingga dapat mencakup perjanjian dalam bidang atau lapangan hukum keluarga, seperti perjanjian kawin. 
Menurut setiawan, Perjanjian adalah suatu perbuatan hukum, dimana satu orang atau lebih mengikatkan dirinya atau saling mengikatkan dirinya terhadap satu orang atau lebih.


Dalam Perikatan yang timbul karena Perjanjian, kedua pihak debitur dan kreditur dengan sengaja bersepakat saling mengikatkan diri, dalam Perikatan mana kedua pihak mempunyai hak dan kewajiban yang harus dipenuhi. Pihak debitur wajib memenuhi prestasi dan pihak kreditur berhak atas prestasi. 

2.      Undang-Undang (Lihat, Pasal 1352 KUH Perdata);
Pengaturan hukum perikatan dalam KUH Perdata menganut sistem terbuka. artinya masyarakat diberikan kebebasan seluas-luasnya untuk mengadakan perjanjian yang berisi apa saja, asalkan tidak melanggar UU, ketertiban umum, atau kesusilaan.

Dalam Perikatan yang timbul karena Undang-Undang, hak dan kewajiban debitur dan kreditur ditetapkan oleh Undang-Undang. Pihak debitur dan kreditur wajib memenuhi ketentuan Undang-Undang. Undang-Undang mewajibkan debitur berprestasi dan kreditur berhak atas prestasi. Kewajiban ini disebut kewajiban Undang-Undang. Jika kewajiban tidak dipenuhi, berarti pelanggaran Undang-Undang.
Menurut Pasal 1352 KUH Perdata, perikatan yang timbul karena undang-undang diperinci menjadi 2 (dua) :
a)   Perikatan semata-mata ditentukan Undang-Undang
b)   Perikatan yang timbul karena perbuatan orang, dibagi:
        1. Perbuatan menurut Hukum (Rechtmatigdaad).
        2. Perbuatan Melanggar Hukum (Onrechtmatigdaad).
Sasongko, Wahyu. 2012. Mengenal Tata Hukum Indonesia. hal 106. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
r'/>

2 komentar

maaf gak di perbaiki tulisannya banyak yg typo.thanks

Sampaikan kirik dan saranmu melalui komentar, dilarang meninggalkan link aktif
EmoticonEmoticon