Pengertian Hukum Tata Usaha Negara

Belajarhukum.com - Pengertian Hukum Tata Usaha Negara. Hukum Tata Usaha Negara adalah arti luas dari pada Hukum Tata Negara. Hukum Tata Usaha Negara dalam hal ini diartikan sebagai Kaidah/Hukum tentang tatanan yang mengatur hubungan antara Negara dengan Warga negaranya, dalam konteks ini hubungan yang dimaksud adalah yang berkaitan/bersinggungan dengan perihal administrasi. Contohnya Pejebat Ekskutif (Presiden, Gubernur, Bupati, Walikota) yang mengeluarkan keputusan tertulis kepada jajarannya atau bawahannya, keputusan tertulis ini lah yang kemudian disebut administrasi/keputusan administrasi sehingga dalam perkembangannya disebut juga sebagai Hukum Tata Usaha Negara.

Pengertian Hukum Tata Usaha Negara

Hukum tata usaha (administrasi) negara adalah hukum yang mengatur kegiatan administrasi negara. Yaitu: hukum yang mengatur tata pelaksanaan pemerintah dalam menjalankan tugasnya . hukum administarasi negara memiliki kemiripan dengan hukum tata negara.kesamaanya terletak dalam hal kebijakan pemerintah ,sedangkan dalam hal perbedaan hukum tata negara lebih mengacu kepada fungsi konstitusi/hukum dasar yang digunakan oleh suatu negara dalam hal pengaturan kebijakan pemerintah,untuk hukum administrasi negara dimana negara dalam "keadaan yang bergerak". Hukum tata usaha negara juga sering disebut HTN dalam arti sempit.

Dalam arti luas hukum tata negara meliputi Hukum Administrasi Negara dan Hukum Tata Usaha Negara, sedangkan dalam arti sempit yaitu Hukum Tata Negara tersebut. Berbicara mengenai Hukum Tata Usaha Negara, maka tidak akan lepas dengan adanya peradilan Tata Usaha Negara.

Hukum Administrasi Negara (HTUN) berasal dari Belanda yang disebut Administratif recht atau Bestuursrecht yang berarti Lingkungan Kekuasaan/ Administratif diluar dari legislatif dan yudisil. Di beberapa negara terdapat istilah atau penyebutan lain mengenai hukum administrasi negara ini, diantara: di Perancis disebut Droit Administrative, di Inggris disebut Administrative Law, di Jerman disebut Verwaltung recht, dan di Indonesia sendiri banyak istilah yang digunakan  untuk mata kuliah ini seperti Hukum Tata Usaha Negara, Pengantar Hukum Administrasi, Hukum Administrasi Negara, dll.

Pengertian Hukum Tata Usaha Negara Menurut Para Ahli 
  1. E. Utrecht dalam bukunya yang berjudul "Pengantar Hukum Administrasi" memberikan  gambaran mengenai Pengertian Hukum Tata Usaha Negara ialah (hukum administrasi, hukum pemerintahan) menguji perhubungan-perhubungan hukum istimewa yang diadakan akan memungkinkan para pejabat (ambtsdragers) (tata usaha negara, administrasi) melakukan tugas mereka yang istimewa. pada cetakan pertama memakai istilah "Hukum Tata Usaha Indonesia", kemudian pada cetakan kedua menggunakan istilah "Hukum Tata Usaha Negara Indonesia", dan pada cetakan ketiga menggunakan istilah "Hukum Administrasi Negara Indonesia".
  2. Prof.Dr.J.H.A. Logemann dalam bukunya staatsrecht van Nederlands Indie, memberikan definisi dari Pengertian Hukum Tata Negara adalah hukum tersebut mengatur hubungan-hubungan hukum dengan warga masyarakat dan antara alat pemerintahan yang satu dengan yang lainnya, serta dipertahankan dan diberi sanksi oleh pemerintah sendiri.
  3. Djuial Haesen Koesoemaatmadja dalam bukunya Pokok-pokok Hukum TataUsaha Negara, menggunakan istilah Hukum Tata Usaha Negara dengan alasan sesuai dengan Undang-undang Pokok Kekuasaan Kehakiman No. 14 tahun 1970.
  4. Prajudi Armosudidjo, dalam prasarannya di Musyawarah Nasional Persahi tahun 1972 di Prapat mengunakan istilah Peradilan Administrasi Negara.
  5. W.F. Prins dalam bukunya Inhiding in het Administratif recht van Indonesia, menggunakan istilah, Hukum Tata Usaha Negara Indonesia.
r'/>

1 komentar:

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Sampaikan kirik dan saranmu melalui komentar, dilarang meninggalkan link aktif
EmoticonEmoticon