Pengertian Antropologi Hukum

Belajarhukum.com - Pengertian Antropologi Hukum. Definisi Antropologi Hukum.
  • Antropologi berasal dari bahasa Yunani, Antropos: manusia atau orang; Logos: ilmu atau akal.
  • Antropologi: adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari manusia, baik dari segi tubuhnya maupun dari segi budayanya. (antropologi fisik dan antropologi budaya).
  • Antropologi hukum: ilmu tentang manusia dalam kaitannya dengan kebudayaan atau kaidah-kaidah sosial yang bersifat hukum.
Ilmu tentang hayati terdiri dari:

  1. Paleo Antropologi, yaitu mempelajari tentang asal usul manusia dan perkembangannya. Metode yang digunakan dengan penggalian fosil-fosil. Bagian yang dipelajari adalah organ-organ dalam tubuh.
  2. Antropologi Fisik, yaitu mempelajari bentuk-bentuk manusia, baik bagian dalam maupun bagian luar tubuh. Tujuannya mempelajari corak ragam manusia.
Pengertian Antropologi Hukum


Ada beberapa pengertian yang diberikan oleh para ahli mengenai definisi antropologi, antara lain:

  1. Antropologi menurut William A. Havilland adalah kajian mengenai umat manusia yang berupaya menyusun generalisasi yang bermanfaat tentang manusia dan perilakunya serta untuk memperoleh pengertian yang lengkap tentang keanekaragaman manusia.
  2. Antropologi menurut David Hunter adalah Bidang ilmu yang lahir dari keingintahuan manusia yang tidak terbatas pada manusia.
  3. Antropologi menurut Koentjaraningrat adalah Bidang ilmu yang mempelajari manusia pada umumnya melalui aneka warna dan bentuk fisik serta kebudayaan yang dihasilkan oleh manusia.

Berdasarkan pengertian antropologi yang disebutkan diatas, maka dapat diuraikan pengertian antropologi hukum sebagai berikut:
Antropologi hukum adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari manusia dan kebudayaannya di bidang hukum.

r'/>

2 komentar

Trimakasih , saya ijin baca doakan saya bisa menyerap ilmu ini

Sampaikan kirik dan saranmu melalui komentar, dilarang meninggalkan link aktif
EmoticonEmoticon