Manfaat Sosiologi Hukum

Belajarhukum.com - Manfaat Sosiologi Hukum. Sosiologi berasal dari bahasa yunani yakni Social dan logos (social = masyarakat dan Logos = Ilmu) yang artinya ilmu yang mempelajari tetang masyarakat. Sisiologi lahir sejak manusia bertanya tentang masyarakat terutama tentang perubahannya. Sisologi dalam pengertian sebagai ilmu yang mempelajari masyarakat baru lahir belasan abad kemudian para pemikir Yunani kuno, terutama Sokrates, Plato, dan Aristoteles beranggapan bahwa masyarakat  terbentuk begitu saja. Tanpa ada yang bisa mencegah, masyrakat mengalami perkembangan dan kemunduran. Kemakmuran maupun krisis dalam masyarakat merupakan masalah yang tidak terelakkan. Anggapan tersebut terus dianut semasa Abad pertengahan (abad ke 5 M sampai akhir abad ke 14 M) para pemikir seperti Agustinus,Avicenna, dan Thomas Aquinas menegaskan bahwa nasib masyarakat harus  diterima sebagai bagian dari kehendak ilahi. Sebagai makhluk yang fana, manusia tidak bisa mengetahui, apalagi menentukan apa yang akan terjadi pada masyarakat.


Sosiologi Hukum merupakan cabang Ilmu yang termuda dari cabang ilmu Hukum yang lain, hal itu tampak pada Hasil karya tentang sosiologi hukum Yang hingga kini masih sangat sedikit. Hal itu di karenakan eksistensi sosiologi Hukum sebagai ilmu yang baru yang Berdiri sendiri, banyak di tentang oleh para ahli,baik ahli hukum ataupun ahli sosiologi. Sosiologi hukum merupakan suatu Cabang ilmu pengetahuan yang antara Lain meneliti mengapa manusia patuh Pada hukum dan mengapa dia gagal Untuk menaati hukum tersebut serta Faktor-faktor sosial lain yang mempengaruhinya. Sosiologi hukum merupakan suatu cabang dari sosiologi umum.

Pengertian Sosiologi Hukum ini menganalisa bagaimana jalannya suatu Hukum dalam masyarakat, yang merupakan hal utama bagi para pengguna Hukum agar tahu betapa berpengaruhnya Hukum dalam suatu masyarakat, hal inilah yang membuat betapa harus kita belajar mengenai Sosiologi Hukum.

Manfaat Sosiologi Hukum
  1. Sosiologi dalam arti keilmuan dapat memberikan manfaat sebagai pengetahuan untuk memahami hukum di dalam konteks sosial.
  2. Penguasaan konsep-konsep sosiologi dalam memberikan kemampuan untuk mengadakan analisis terhadap efektivitas hukum dalam masyarakat, baik sebagai sarana pengendali sosial, sarana untuk mengubah masyarakat dan sarana untuk mengatur interaksi sosial di dalam masyrakat agar mencapai keadaan-keadaan  sosial tertentu.
  3. Sosiologi sebagai alat ilmu untuk mempelajari hukum dapat digunakan untuk mengevaluasi efektivitas berlakunya hukum di dalam masyarakat.
Jadi manfaat untuk mempelajari sosiologi hukum adalah  mengetahui bagaimana tumbuh dan berkembangnya gejala-gejala yang ada dalam masyarakat. Dan gejala-gejala tersebut dapat di iliminir dengan ilmu pengetahuan antara laian ilmu Sosiologi Hukum. Sejak lahir hingga sekarang kita hidup ditengah masyarakatr. Kehidupan bersama itu melahirkan berbagai pengalaman berhubungan dengan orang lain. Di satu pihak kita membutuhkan kehadiran orang lain dilain pihak kita ingin sendiri dan tidak ingin di ganggu. Singkatnya, pengalaman hidup bersama orang lain, mulai dari lingkungan keluarga, sekolah, sampai masyarakat, menyadarkan kita akan persamaan maupun perbedaan kita dengan orang lain. Kesadaran paling penting yang muncul dari pengalaman bersama orang lain adalah peruban masyarakat. Dan disinilah Sosiologi hukum sangat berperan.  

r'/>

Sampaikan kirik dan saranmu melalui komentar, dilarang meninggalkan link aktif
EmoticonEmoticon