Hukum Dagang Adalah

Belajarhukum.com - Hukum Dagang Adalah. Hukum yang mengatur tingkah laku manusia yang turut melakukan perdagangan untuk memperoleh keuntungan. atau hukum yang mengatur hubungan hukum antara manusia dan badan-badan hukum satu sama lainnya dalam lapangan perdagangan atau aturan-aturan hukum yang mengatur hubungan orang yang satu dengan yang lainnya, khusunya dalam perniagaan.

Hukum Dagang Adalah

Hukum dagang adalah hukum perdata khusus. Pada mulanya kaidah hukum yang kita kenal sebagi hukum dagang saat ini mulai muncul dikalangan kaum pedagang sekitar abad ke-17. Kaidah-kaidah hukum tersebut sebenarnya merupakan kebiasaan diantara mereka yang muncul dalam pergaulan di bidang perdagangan. Ada beberapa hal yang diatur dalam KUH Perdata diatur juga dalam KUHD. Jika demikian adanya, ketenutan-ketentuan dalam KUHD itulah yang akan berlaku. KUH Perdata merupakan lex generalis (hukum umum), sedangkan KUHD merupakan lex specialis (hukum khusus). Dalam hubungannya dengan hal tersebut berlaku adagium lex specialis derogat lex generalis (hukum khusus menghapus hukum umum).

Hukum Dagang Menurut Para Ahli:


  • Achmad Ichsan, mengartikan hukum dagang adalah hukum yang mengatur soal-soal perdagangan atau perniagaan, ialah soal-soal yang timbul karena tingkah laku manusia (person) dalam perdagangan atau perniagaan.
  • Menurut Soekardo, hukum dagang merupakan bagian dari hukum perdat, yaitu bagian yang mengatur perikatan dan perjanjian.
  • Purwosutjipto, hukum dagang adalah hukum perikatan yang timbul khusus dari lapangan perusahaan.

soekardono, Hukum Dagang, hal. 12
Achmad Ichsan, 1976. Hukum Dagang. hal. 17. Jakarta: Pradnya Paramita.
Sasongko, Wahyu. 2012. Mengenal Tata Hukum Indonesia. hal. 115. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
r'/>

Sampaikan kirik dan saranmu melalui komentar, dilarang meninggalkan link aktif
EmoticonEmoticon